Share |

Rabu, 11 Agustus 2010

Toraja Dan Selawesi Selatan

Tak cukup jari tangan untuk menghitung potensi wisata Sulawesi Selatan. Wilayah yang menjadi sentra kawasan Indonesia Timur ini juga punya andalan utama di tingkat dunia, yakni keunikan budaya Suku Toraja.

Ya, gebyar nama Suku Toraja memang mendunia. Inilah suku satu-satunya yang memiliki tradisi pemakaman unik, meletakkan jasad di tebing-tebing curam hampir 90 derajat. Selain ritual pemakaman yang unik, Toraja juga memiliki kain khas buatan tangan yang bernilai seni tinggi.

Untuk mencapai Toraja, dari Makassar, orang harus berkendara sejauh 310 km atau sekitar 4 jam perjalanan. sepanjang perjalanan, akan melewati daerah pedesaan Pinrang dan pare-pare.

Di luar Toraja, Sulsel terbilang memiliki tempat wisata yang komplet. Ada tempat peristirahatan yang sejuk di Maros, berikut dengan air terjug Bantimurung nya yang terkenal. Di kabupaten Gowa, juga ada wisata sejarah, Benteng Somba Opu yang didirikan 5 abad yang lalu.

Di seputaran Makassar sendiri, juga banyak pilihan menarik. Yang utama, tentu Pantai Losari sembari menikmati jajanan di sekitarnya. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi eks benteng Rotterdam yang pernah menjadi tempat penahanan Pangeran Diponegoro. Jika sempat, berziarah ke makam Diponegoro juga bisa memperkaya khazanah wisata Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Old Wood © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute