Share |

Sabtu, 07 Agustus 2010

Warisan Keindahan Jawa Tengah

Melemparkan diri ke masa 1000 tahun lalu, mungkin tepatlah jika Dieng adalah tujuan. Di gugus pemukiman dan pusat spiritual masyarakat Jawa masa seabad lalu tersebut kita bisa menghirup kedamaian masa silam. Inilah salah satu andalan wisata Jawa Tengah.

Dieng persis berada di tengah Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 200 km arah barat daya Semarang. Disana masih tersisa gugusan candi yang diyakini didirikan lebih dari 1000 tahun lalu. Suasananya dingin dan hening, berbaur dengan derap kehidupan petani sayur. Di Dieng, juga ada telaga warna yang sangat indah.

Selain Dieng, daftar wisata Jawa Tengah sangat banyak. Umumnya berupa wisata sejarah, budaya dan alam di pedalaman. Berbeda dengan banyak propinsi lainnya, Jawa Tengah tak banyak memiliki pantai yang indah. Beberapa pantai yang layak dikunjungi terletak di sekitar Kebumen hingga Cilacap.

Namun, untuk artefak sejarah dan budaya, Jawa Tengah gudangnya. Wajar saja, Solo, salah satu kota di Jawa Tengah, pernah menjadi sentra kebudayaan Jawa. Hingga kini, di kota tersebut bisa ditemui Keraton Solo berikut peninggalannya.

Tak jauh dari Solo, juga berderet canci-candi. 20 km arah timur Solo, ada candi Sukuh dan Candi Cetho di lereng Gunung lawu. Sementara 40 km menuju Yogyakarta, ada Candi Prambanan. Ke utara lagi dari Solo, lebih dekat ke Semarang, sekitar 10 km, di Ungaran ada Candi Gedongsongo.

Jangan tanya soal makanan. Baik Semarang, Solo atau pun Purwokerto punya ciri khas sendiri-sendiri. Semarang diidentikkan dengan lumpia, sementara Solo terkenal dengan nasi liwet dan Timlo. Sedangkan Purwokerto terkenal dengan mendoan dan Soto Sokaraja.

Berkunjung ke Jawa Tengah bisa dilakukan secara mudah. Wisatawan dari luar bisa menuju Bandar Udara Ahmad Yani atau Bandara Adi Sumarmo Solo, atau melalui Bandara Adi Sucipto Yogyakarta. Sementara wisatawan di Jawa, cukup berkendara sambil menikmati perjalanan.

Sumber : http://aci.detik.com/readpaging/2010/07/23/145114/1405360/952/2/warisan-keindahan-jawa-tengah

1 komentar:

Rediska Amaliawati mengatakan...

rumah gue deket kraton tp perjalananya sekitar setegah jam'an

sekarang SOLO udah kayak jakarta
banyak banget mal
kayak di jakarta
bedanya di sana gak macet dan masih ASRI

Posting Komentar

Old Wood © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute